Data Penduduk


Jumlah penduduk Desa Tieng sampai dengan Tahun 2018 adalah 4.355 jiwa terdiri dari 2.251 laki-laki dan 2.104 perempuan dengan jumlah kepala keluarga 1.270 KK

Dari sejumlah jiwa tersebut, pemerintah desa telah melakukan kategorisasi berdasar rumah tangga mencapai sejumlah 1.270 rumah tangga. Pemerintah Desa Tieng telah melakukan pemetaan sosial secara partisipatif untuk mengukur tingkat kesejahteraan keluarga per rumah tangga tersebut dengan hasil pemetaan sosial sebagai berikut.

Berdasar peta sosial yang telah dilakukan secara partisipatif oleh kelompok warga Desa Tieng, jumlah rumah tangga pra sejahtera 648 RT (51%), rumah tangga sejahtera1 201 RT (16%), rumah tangga sejahtera2 171 RT (13%) , rumah tangga sejahtera3 153 RT (12%)  sedangkan rumah tangga dalam kategori sejahtera3 plus (kaya) 97 RT (8%).

Pra Sejahtera yang dimaksud adalah kondisi perekonomian pada rumah tangga yang masuk kategori keluarga miskin, sejahtera adalah rumah tangga yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan dasar hidup sedang sejahtera plus adalah rumah tangga yang dinilai masuk dalam kategori keluarga kaya.

Lapangan pekerjaan pada sektor pertanian di Desa Tieng, sudah bisa menjadi sumber penghidupan bagi warga Tieng. Hampir semua warga Tieng terlibat dalam kegiatan pertanian yang menjadi sumber pendapatan dan penghidupan.

Dari total usia produktif sejumlah 2.491 jiwa, sejumlah 631 warga Tieng berprofesi sebagai petani, buruh tani 555, dan selebihnya sebagai peternak, pedagang, penjahit, pegawai negeri sipil, dan karyawan swasta dan lain sebagainya

tingkat pendidikan penduduk di Desa Tieng masih sangat rendah. Berdasarkan data kependudukan tersebut, jumlah penduduk yang tamat sekolah SD/sederajat mencapai 1.486. Sementara penduduk yang tamat SLTP/sederajat 601 jiwa dan SLTA/sederajat mencapai 396 jiwa . Sedangkan jumlah penduduk yang tamat perguruan tinggi/sederajat 88 jiwa.

 

Peningkatan tingkat pendidikan menjadi tantangan bagi Desa Tieng. Ke depan, warga Tieng harus memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik, untuk secara tidak langsung membantu peningkatan kualitas produksi pertanian yang menjadi sumber utama pendapatan warga Desa Tieng serta untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Tieng.

Desa Tieng memiliki cita-cita ingin meningkatkan angka partisipasi pendidikan perguruan tinggi.


Total Dibaca

Pemerintah Desa Tieng Berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan mewujudkan pemerintahan desa yang baik dan bersih.

Pemerintah Desa Tieng MENGATAKAN TIDAK untuk KORUPSI - PUNGLI & GRATIFIKASI

Contact Details

Telephone: 0286 - 3326571
Email:  pemdestieng2019@gmail.com
Website: https://tieng-kejajar.wonosobokab.go.id

Desa Tieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo